Main ke I Am Bali 3D Museum Seru!

Saya lumayan senang main ke museum, cuma di Indonesia sepertinya tidak banyak museum yang menarik. Maksud saya museum di mana para pengunjung bisa melakukan hal-hal yang tak biasa. Kalau di Indonesia, ya, paling cuma museum nasional. Di Bali juga tidak banyak, paling cuma galeri lukisan. Minggu lalu, saya gak sengaja nemu di internet kalau di Bali ternyata ada beberapa museum 3D alias 3 Dimensi. Salah satunya berlokasi di Renon, Denpasar, tepatnya di lantai dasar Monumen Bajra Sandhi, Renon. Namanya I Am Bali 3D Museum. Menarik, nih.

Padahal dulu kantor saya sangat dekat dengan monumen ini tapi saya tidak pernah tahu kalau ada museum 3D di sana. Usut punya usut, museum ini baru buka akhir tahun 2016 lalu, jadi memang masih baru banget. Saat saya sudah di sana, tidak ada banyak pengunjung, malah sepertinya cuma saya dan teman saya saja. Sayang banget. Saya cek di Instagram pun, museum ini sepertinya tidak ada akun Instagram-nya. Pantas saja tidak banyak yang tahu, karena mereka juga tidak banyak promosi. Baguslah, saya pikir kalau sepi akan menguntungkan saya buat foto-foto karena tidak akan mesti nunggu orang lain dulu buat foto, tidak desak-desakkan di museum, dan bebas foto tanpa malu dan totalitas. Hehehe.

Namanya juga museum 3D, yang menarik di sini pengunjung bisa berfoto dengan lukisan yang seolah-olah hidup. Di I Am Bali 3D Museum ini ada lebih dari 100 lukisan karya seniman lokal yang menurut saya lumayan artsy dan kreatif. Saat masuk ke dalam museumnya, ternyata tempatnya cukup luas. Uniknya pengunjung tidak diperbolehkan pakai alas kaki, baik sandal maupun sepatu saat masuk ke dalam ruangan lukisan. Sebagai gantinya, akan diberikan sepasang kaos kaki yang bisa dibawa pulang, setelah alas kaki dititipkan di ruang penitipan.

Di dalam museum, ada banyak staf yang akan memandu dan bersedia dimintai tolong untuk memotret. Di tiap lukisan juga ada contoh foto sebagai referensi pengunjung. Bahkan titik untuk memotret pun disediakan, berupa simbol jejak kaki sebagai titik terbaik untuk mempotret pengunjung dengan lukisan 3D. Saya rasa sistem yang ada di museum ini sudah dipikirkan dengan cukup baik. Salut.

Hampir setengah jalan mengelilingi museum, tenyata di awal saat saya pikir museum ini sepi pengunjung terbantahkan. Lama-lama, kok, banyak pengunjung asing berdatangan, terutama turis Tiongkok. Lho, malah jadi ramai. Asumsi saya, museum ini sudah bekerja sama dengan banyak agensi pariwisata, jadi datang ke museum ini sudah termasuk di harga paket pariwisata yang ditawarkan tiap tour agency. Pantas saja mereka tidak terlalu mengekspos dan melakukan banyak promosi di jejaring sosial. Ini cuma asumsi asal-asalan saya saja, sih.

Keseruan yang saya rasakan selain bisa berfoto dengan beragam lukisan 3D itu pengunjung bisa berlama-lama di dalam museum alias tidak ada batasan waktu. Jadi, kalau sudah sampai di titik akhir tapi masih ingin kembali ke satu lukisan lain boleh balik lagi. Puas, deh, mau ambil foto gaya apapun dan bisa nunggu sampai tidak ada pengunjung lain yang foto-foto di sana. Capek, sih, tapi dengan harga yang tidak terlalu mahal, saya pikir museum ini bisa jadi rekomendasi dan alternatif sebagai tempat rekreasi, baik untuk keluarga maupun seru-seruan dengan teman-teman.

Oya, untuk masuk ke museum ini, cukup dengan harga Rp60.000-an saja. Saran saya, mending beli tiket masuknya lewat Traveloka saja soalnya akan lebih mudah dan tidak perlu antre lagi. Tinggal tunjukkan e-voucher, redeem tiketnya, dan langsung masuk. Selain itu, kalau lewat Traveloka info tentang museum ini lebih lengkap. Jadi bakal tahu seperti apa museum ini sebelum memutuskan untuk pergi ke sana.

Gimana, tertarik untuk mencoba?

All photos by Sadawayans.

Advertisements

3 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s