Faces of the Special Region of Yogyakarta

Seperti namanya, Yogyakarta memang kota yang istimewa. Saya sudah mengunjungi kota ini untuk kesekian kali, tapi tetap saja saya tidak pernah bosan.

Selama beberapa hari di Yogyakarta untuk urusan kerjaan, saya tetap menyempatkan diri untuk berbaur dengan penduduk setempat dan mengulik apa yang ada di sini.

Kali ini, saya pengin mendokumentasikan orang-orang dan keadaan sekitar. Jadi, tempat yang paling pas dan tepat untuk itu ada kawasan Malioboro. Selain mudah dijangkau, area ini juga tempat berkumpulnya para turis untuk berwisata dan merasakan atmosfernya Kota Jogja sekaligus tempat penduduk setempat mencari ladang pekerjaan.

Yang khas juga di Yogyakarta itu becak. Kalian sudah pasti akan menemukan banyak becak, baik yang masih dikayuh maupun yang sudah lebih moderen, yaitu bemot alias becak motor. Cuma bagi saya, becak tradisional yang masih dikayuh lebih menarik. Tidak cuma becaknya, tapi si tukang becaknya juga menarik untuk difoto, kalau bisa diajak ngobrol bakal lebih bagus. Kita jadi tahu sedikit lebih dalam tentang si bapak tukang becak.

DSCF1405DSCF1404DSCF1378DSCF1374DSCF1389DSCF1375

Selain itu, ada juga dokar. Semua pasti sudah tahu moda transportasi tradisional ini. Dokar biasanya diperuntukkan untuk turis, tapi saya lihat masih ada juga, kok, orang lokal yang pakai walau tidak banyak.

Tak ada kata lain untuk menggambarkan Kota Gudeg ini selain kata istimewa. Atmosfer kota, makanan khas, tempat-tempat bersejarah, dan warisan budayanya membuat Yogyakarta menjadi salah satu kota favorit saya untuk terus dikunjungi sampai saya bosan. Hehehe.

DSCF1387

All photos by Asada Susa.

Advertisements

1 Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s