Pengalaman Belajar Berkuda di Bali

Tidak pernah saya kepikiran untuk bisa menunggang kuda. Jangankan nunggang, sentuh kuda saja saya agak takut; takut ditendang karena kuda, kan, hewan yang cukup sensitif. Namun, semua itu sirna saat saya berkesempatan belajar naik kuda di salah satu pusat olahraga berkuda di daerah Canggu, Bali.

Berkat teman baik saya yang kasih saya kado ulang tahun, saya bisa ikut program singkat seru ini. Merci, Jane ! 😉

Sebelum pelajaran menunggang kuda ini dimulai, terlebih dahulu kita akan diperkenalkan oleh sang kuda. Tentunya kami diberikan kuda yang jinak dan ramah. Saya mendapat kuda bernama Matahari dan teman saya mendapat kuda bernama Malibu.

Processed with VSCO with v8 preset
Jane, Malibu, and me.

Karena sudah jinak, mereka sangat mudah diatur dan tidak kagok saat saya sentuh. Ternyata kuda itu memang hewan yang lovely dan sweet. Mungkin karena kebetulan saya juga bershio kuda, jadi kami cocok dan bonding-nya dapat. Hehehe.

Processed with VSCO with v8 preset
Me and Matahari.

Well, lanjut ke pelajaran berkuda. Program belajar berkuda ini program singkat selama kurang lebih 45 menit dengan dasar-dasar menunggang kuda. Intinya, dasar-dasar berkuda itu terdiri dari jalan biasa dengan kuda, setelah itu lanjut ke lari biasa, lalu kalau sudah lumayan baru ke lari cepat. Yang penting saat sudah menaiki kuda, kita tidak boleh tegang alias mesti relaks dan mengikuti ritmenya. Dari situlah ritme tunggangan kita akan menjadi enak dan alami. Agak susah juga dijelaskan. Kalian bakal ngerasain kalau sudah mencobanya. Selain itu, menurut instrukturnya, butuh waktu sekitar tiga bulan untuk menguasai teknik ini. Terasa sederhana, tapi tetap butuh jam terbang yang cukup banyak.

Kalau saja olahraga ini tidak mahal, saya pasti bakal latihan terus sampai mahir. Bahkan saya punya keinginan bisa punya kuda sendiri. Hehehe. Nah, kalau kalian tertarik dan kebetulan lagi traveling di Bali, bisa cek Royal Sporthorse Bali di website atau Instagramnya.

Selamat berkuda!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s