Dua Hari di Doha Enaknya ke Mana?

Setelah perjalanan saya di Turki berakhir, saya dan teman-teman menyempatkan stay semalam di Doha. Inilah salah satu keuntungan naik Qatar Airways yang transitnya pasti di Doha. Kalau masih punya waktu transit yang lama, bisa explore kotanya. Fyi, berbahagialah karena bagi WNI bebas visa untuk masuk ke Qatar. Yay!

Saya tiba di Doha sekitar pukul 5 sore waktu itu. Mikir juga enaknya ke mana karena sudah sore begitu. Ya sudahlah, saya tidak ambil pusing, nanti saja dipikirkan saat sudah sampai hotel.

Akhirnya setelah mikir-mikir sama teman-teman yang lain, kami putuskan untuk main ke beberapa tempat, di antaranya:

• Souq Waqif

Beruntung juga kami sampainya sore di Doha, jadi masih ada waktu untuk jalan-jalan ke Souq Waqif di malam hari. Souq Waqif sebenarnya pasar tradisional yang tidak hanya menjual barang-barang khas pasar tapi juga sekaligus tempat yang menjual souvenir. Sampai saat ini, Souq Waqif menjadi salah satu tempat wisata penting di Doha. Umumnya toko-toko di sini buka dari pukul 10 pagi sampai 10 malam. Namun, ada juga saya lihat beberapa kafe dan warung makan yang buka 24 jam.

Saya takjub karena tempat ini begitu luas, dan tidak hanya ada toko-toko kecil, toko-toko emas mewah sampai toko hewan-hewan yang diawetkan pun ada! Enaknya kalau ke sini itu di malam hari, karena akan lebih menarik dan lebih adem, sih, menurut saya.

• Museum of Islamic Art

Saat pertama kali sampai Doha dalam perjalanan menuju hotel, saya heran melihat ada sebuah bangunan yang mirip seperti wanita bercadar. Unik benar. Saya tanya kepada sopir itu bangunan apa. Ternyata itu sebuah museum bernama Museum of Islamic Art atau nama sering juga disebut Lady in a Burka. Usut punya usut, arsitek yang membuat museum ini yang juga mendesain Piramida Louvre di Paris. Hebat, ya!

Karena ia dibangun di semenanjung buatan, jadilah pemandangan di luar museum ini berupa laut. Kalian juga akan bisa lihat gedung-gedung tinggi dari seberang laut dari luar bangunan museum ini. Pemandangannya mirip seperti yang ada di New York.

Photo Feb 27, 7 37 23 PM

Enaknya di Doha itu, hampir semua public attractions-nya bebas biaya alias gratis. Jadi, masuk ke Museum ini pun begitu. Di dalam museum ini, terdapat berbagai koleksi seni Islam dari tiga benua yang berusia ribuan tahun (sekitar segitulah), seperti logam, keramik, perhiasan, tekstil, gelas, dan lain sebagainya dari abab ke-7 sampai ke-19. Museum ini juga terdiri dari tiga lantai, jadi kalian akan puas menjelajahi isinya sampai lantai yang paling atas. Worth it, sih, menurut saya untuk dikunjungi. Jadi nambah pengetahuan baru juga, bukan?

• Desert Safari Qatar

Ini, nih, yang paling seru buat saya. Menjelajahi gurun pasir Qatar yang super luas dan naik unta beneran merupakan pengalaman yang tak terlupakan. Di Desert Safari Qatar ini, kalian bisa pilih beberapa jenis tur, seperti Half Day, Full Day, atau Overnight Safari. Karena waktu kami terbatas, tentu kami pilih yang Half Day. Di sini juga ada layanan naik unta seharga 5 dollar. Saya pikir akan diajak jalan jauh naik unta sama abangnya ternyata cuma beberapa meter saja. Yah, tak apalah, lumayan.

Photo Feb 27, 2 43 06 PM

Yang seru di Desert Safari tur ini, tiap grup akan ditemani oleh driver yang berpakaian ala pangeran Arab (kaos putih panjang khas dan sorban). Dengan mobil sport yang keren, pengunjung akan diajak berkeliling gurun sambil beraksi dan ngepot bak pembalap di Fast and Furious. Keren dan bikin deg-degan, sih, asli. Saya dan teman-teman teriak-teriak, sedangkan driver-nya santai dan lempeng aja gitu kayak lagi jalan di jalan datar. Hahaha.

Masih banyak sekali sebenarnya tempat yang bisa dikunjungi di Doha, kalau saja waktu saya tak terbatas pasti akan saya kunjungi banyak tempat menarik lainnya di sana. Lain kali kalau ada kesempatan, saya pengin main ke The Pearl-Qatar, yaitu artificial island yang terkenal sebagai daerah tempat para ekspat tinggal dengan suasana yang jauh beda dengan yang ada di Ibu Kotanya. Semoga bisa, ya. Aamiin.