Yakinlah, Kesempatan Itu Selalu Ada

Saya yakin kalian pernah merasa sedih saat menginginkan sesuatu tapi keinginan itu tidak tercapai. Namun, saat sudah pasrah dan tidak memikirkannya lagi, justru kesempatan itu datang. Pernah tidak?

Saya sering sekali merasa seperti itu dan kejadian tersebut bikin saya sadar kalau kita akan tetap mendapatkan apa yang kita inginkan, walau tidak terwujud dalam waktu sekejap. It takes time, and you’ll get it when the right time comes. Tidak ada gunanya sedih berkepanjangan saat keinginan tersebut tidak terwujud. Tepatnya belum. Saat kita yakin kalau itu akan terwujud, nanti saat waktunya datang itu akan terjadi.

Dulu saat saya masih sekolah dan tentunya masih lebih muda dari sekarang, kerap kali saya berputus asa, bersedih, dan mudah menyerah. Rasa pesimistis sudah menjadi bagian dari saya saat itu. Lalu apa yang saya dapat? Tidak ada. Yang saya dapat hanya rugi. Tidak hanya saya sendiri yang rugi, tapi tanpa sadar orang di sekitar saya juga ikut terseret arus sifat negatif saya itu.

Akhirnya saya sadar ternyata berharap itu pangkal dari sakit hati. Dan saya rasa, kalimat Pemberi Harapan Palsu (PHP) yang jadi populer sekarang itu benar-benar bikin kesal. Karena saking seringnya patah hati karena berharap, saya punya cara lain untuk menghadapi itu. Saya yakin. Yakin akan sesuatu lebih jitu ketimbang mengharapkan sesuatu.

Saat kita merasa pasrah dan yakini saja, kesempatan biasanya akan datang menghampiri. Bila memang kesempatan itu yang kalian tunggu-tunggu, jangan pikir panjang lagi. Take it! Kesempatan lain bisa saja akan datang lagi, tapi kapan? Kita gak akan pernah tahu kapan itu. Jadi, saya rasa itu buah dari hasil keyakinan teguh yang telah dengan sabar dipupuk.

Kenapa saya bisa bilang kayak gini, karena saya juga sudah mengalaminya.

Dulu saya pernah ikut lomba blog yang hadiahnya berupa jalan-jalan ke negara yang bisa dipilih oleh pemenangnya. Saya semangat banget begitu tahu hadiahnya seperti itu. Saya langsung mikir kalau misalnya menang, saya pengin ke Turki. Waktu itu saya sudah ke-GR-an merasa pasti bisa menang dan kesempatan itu cukup besar. Namun, fakta berkata lain. Saya kalah! Masuk 50 besar saja tidak. Pedih. Ya sudah, saya terima saja kekalahan itu dengan kadar lapang dada secukupnya. Saya pasrah, tapi di saat yang sama saya tetap yakin kalau lain kali saya akan bisa ke Turki, kapan itu saya tidak tahu. Saya yakin saja.

Beberapa bulan kemudian, saya tiba-tiba dapat telepon dari sebuah maskapai penerbangan internasional yang kredibilitasnya sudah sangat oke punya. Saya ditawari untuk ikut sebuah trip ke Turki Selatan selama seminggu, dan semua biayanya ditanggung. Whaaaat?! Awalnya saya pikir itu bohong, tapi ternyata memang begitulah adanya. Saya langsung bilang ke diri saya, “I’m such a lucky bastard!” Entah ini memang keberuntungan semata atau memang saya sendiri yang menarik kejadian ini datang kepada saya. Kalau kalian tahu hukum tarik menarik pasti tahu fenomena ini.

Intinya, jangan menyerah dan putus asa. Sedih boleh, tapi jangan sampai menguasai diri dan merugiakn diri sendiri. Yakinlah, kesempatan itu selalu ada.

Advertisements

3 Comments

  1. Sangat setuju dengan tulisan nya mas Sada.. saya juga pernah mengalami hal yang sama…punya impian supaya bisa jalan jalan keluar negeri, yaah..walaupun nggak sesering mas sada..tapi setidaknya sudah 2 kalinpunya kesempatan singgah ke malaysia dan vietnam..padahal kalau dilihat dari segi keuangan sendiri sepertinya sangat tidak mungkin, beruntungnya saya bekerja di perusahaan asing yang sempat mengajak saya meeting di kedua negara itu..
    Tulisan yang sangat inspirtif mas

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s