Ikut Tur Gratis di Singapura

Sudah lama saya pengin merasakan rasanya transit lama di Singapura. Keinginan itu akhirnya saya wujudkan saat melakukan perjalan ke Jepang musim gugur ini. Saya sengaja cari maskapai yang bisa transit di Singapura dengan durasi paling tidak lebih dari 8 jam. Maskapai yang paling cocok untuk hal ini, ya, Singapore Airlines. Hehehe.

Awalnya rencana saya pengin keluar bandara Changi dan explore Singapura sendiri saja, berhubung juga ada beberapa teman di sana. Namun, saya sampai di Singapura baru pukul 2 sore, cukup mepet juga kalau main ke banyak tempat, dan kurang efisien waktu. Setelah cari-cari informasi, ternyata bagi para wisatawan yang transit lebih dari 5 jam bisa ikutan tur gratis yang kalau tidak salah didukung oleh bandara Changi sendiri dan pemerintah Singapura. Asyik!

Saya akan kasih tips bagaimana cara daftar dan ikut turnya, serta apa saja yang bisa didapat di tur gratis ini.

  • Cari stan yang ada tulisan FREE SINGAPORE TOUR. Yang saya foto ini ada di terminal 2 persis di belakang konter informasi. Ada dua jenis tur: Heritage Tour dan City Sight Tour. Karena saya baru tiba agak sore, jadi saya ikut City Sight Tour yang mulai pukul 6 sore. Heritage Tour mulai pukul 3 sore.

  • Setelah itu, kalian akan dikasih formulir untuk diisi. Jangan lupa tunjukkan paspor dan boarding pass kalian.

  • Satu jam sebelum tur dimulai, kalian harus sudah tunggu di depan stan karena akan diabsen dan diberi stiker seperti ini sebagai penanda nantinya. Di stiker ini tertulis nomor urut pendaftaran dan jam jadwal tur.

  • Kalian akan digiring naik bus khusus ini. Busnya super nyaman dan bisa beli air mineral juga cuma 1 SGD. Kalau beli di luar atau di minimarket harganya 2 SGD. Bisa hemat, kan? Hehehe.

  • Setelah semua beres dan peserta terkumpul, tepat pukul 6 sore rombongan langsung berangkat dan dipandu oleh seorang tour guide. Oya, di tur gratis ini, hampir semua stafnya berumur di atas 40 tahunan, tapi sangat ramah dan tentu saja berwawasan luas.

  • Rute untuk City Sight Tour ini sebenarnya itu-itu saja: Merlion Park, Esplanade, dan Garden By the Bay. Saya rasa kalau ikut yang Heritage Tour, tempat-tempat yang dikunjungi bisa lebih bervariasi.

  • Cuma di tur gratis ini akan dijelaskan lagi sejarah tempat yang dikunjungi secara rinci oleh tur guide-nya yang mungkin tidak dijelaskan atau tidak bisa dicari di internet.

Buat saya, tur gratis ini sangat wajib dicoba dan bisa jadi alternatif untuk menghabiskan waktu transit kalian secara efisien. Selain tidak perlu lagi repot-repot beli tiket MRT atau bus untuk menjelah kota Singapura, waktu kalian juga tidak akan terbuang sia-sia. Bisa hemat banyak, kan? Selamat mencoba!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s